Custom Search

Minggu, 20 November 2011

ASAM URAT

Pengertian
Istilah urat mungkin salah arti, karena tidak terkait dgn urat/otot. Mungkin istilah ini merupakan terjemahan dari bahasa Inggris "urate" yg berasal dari kata uric atau urin yg berarti air seni.
Istilah yg lebih umum adalah "Gout". Penyebab nyeri dan pembengkakan adalah kristal "uric acid" yg mengumpul di persendian. "Uric acid" adalah substansi yg normalnya terbentuk ketika tubuh menguraikan sisa produk yang disebut "purine"."Uric acid" mestinya larut dalam darah dan dikeluarkan melalui "kidney" ke dalam air seni. Orang yg menderita asam urat mempunyai kadar "uric acid" yg sedemikian tinggi sehingga kristalnya terkumpul di persendian dan "tissue" yg lain.
kondisi orang yg terlalu banyak "uric acid" dalam darah disebut "hyperuricemia".

Ada banyak orang yg "hyperuricemia" tapi tidak kena "gout"."Gout" adalah rasa sakit, panas, merah dan bengkak pada persendian. Umumnya satu sendi pada satu saat - sering sendi besar dari ibu jari kaki. Ia juga mempengaruhi sendi yg lain, seperti lutut, siku, kaki, tangan, pergelangan dan punggung. Dokter
anda dianjurkan mengecek jenis "arthritis" lain, seperti "psedogout" dan "infectioius arthritis".
Setelah beberapa tahun, kristal "uric acid" dapat mengendap dan membentuk deposit besar yang disebut "tophi" dan terlihat seperti. benjolan (lump) dibawah kulit.

"Hyperuricemia" dapat disebabkan oleh 1) ginjal tidak bisa mengeluarkan "uric acid" dengan cepat, 2) tubuh membuat terlalu banyak "uric acid".

Pengobatan
Petunjuk dibawah ini adalah untuk pengetahuan saja. Harap anda berkonsultasi dengan dokter anda sebelum mencobanya.

1. Untuk menangani serangan akut:

Cochicine mengatasi rasa sakit dan bengkak.
Telah dipakai lebih dari 2400 tahun. Efek sampingan : dapat menyebabkan diarrhea, nausea dan abdominal cramps.

Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID).
Efek sampingan : lebih sedikit. tapi dapat menyebabkan sakit perut, sakit kepala,"skinrashes" dan "ulcers".

2. Untuk menurunkan kadar produksi asam urat:

Allopurinol (Zyloric, lopurin, zurinol, Ayloprim) memperlambat kecepatan tubuh memproduksi asam urat. Ini yg terbaik untuk orang yg punya masalah empedu dan batu empedu.

3. Untuk membantu menghilangkan "Uric acid"

Probenecid (benemid, parbenem, probalan) dan sulfinpyrazone (Anturane) menurunkan kadar uric acid dalam darah dengan menambah jumlah "uric acid" yang dikeluarkan melalui urin. Membantu menghancurkan tophi dan mencegah deposit uric acid di persendian

Diet.

Dokter menganjurkan:
Makanan yg harus dihindari seluruhnya (kadar purine > 100mg/100gm makanan): Jeroan, ikan-ikan kecil seperti sarden, extract daging, bebek, sosis, seafood seperti kerang dsb, blumkol, kubis, asparagus, kacang-kacangan, minuman beralkohol, jamur, ragi, durian, strawberry, tomat.
Makanan yg diperbolehkan dalam jumlah sedikit (kadar purin tidak lebih dari 100 mg/100 gm makanan): Daging merah (sapi, babi, kambing), turkey, tahu, minuman soyabean, pia.

Dengan berbekam di titik tertentu, dan di bagian yang sakit terbukti dapat mengeluarkan darah kotor yang di dalamnya terkandung unsur (uric acid) asam urat.

Makanan yang diperbolehkan tanpa batasan (kecuali ada kolesterol tinggi): Semua sayuran (kecuali yg disebutkan diatas), semua daging putih, ikan, buah (kecuali yg disebut di atas), teh, kopi, soft drink, telur, susu, dairy products, fat (in moderation), cereals (nasi, roti, mie), condiments (garam, merica, rempah).
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jadwal Sholat Indonesia