Custom Search

Selasa, 28 Desember 2010

Bagaimana Terapi Bekam Bekerja


Terapi Bekam adalah satu penginggalan Rasulullah SAW yang bertujuan untuk membuang darah kotor dan racun-racun yang ada di bawah kulit kita dengan cara menyedotnya.
Proses penyedotan ini dilakukan dengan memakai tanduk binatang, bambu, gelas sampai dengan alat kop plastik modern dan steril yang ada di pasaran sekarang.
Dalam kitabnya,  Ibnul Qayyim al-Jauziah RA mengatakan: “Bekam adalah pemisahan yang berhubungan & berdasarkan kehendak yang diikuti oleh proses pengeluaran darah melalui urat secara total, khususnya urat yang tidak sering dilakukan venesection/al-fashdu (melukai urat vena tertentu dengan menggunakan pisau bedah dengan cara & ukuran tertentu untuk mengeluarkan darah untuk pengobatan).

Ada dua macam bentuk bekam, yaitu :
A. Bekam kering (Bekam tanpa mengeluarkan darah/ hijamah jaffah) fungsi bekam kering memperlancar aliran darah beku atau mengalirkan darah ke bagian tubuh yang kekurangan. Bekam kering sepintas mirip kerokan.

B. Bekam Basah (Bekam dengan mengeluarkan darah / hijamah damamiyah).
Biasanya, bekam kering dipakai sebagai kombinasi bekam basah.

Zaman dahulu terapi bekam dilakukan dengan menggunakan tanduk atau gelas, sedangkan untuk penghampa udaranya digunakan api, hal ini banyak menimbulkan rasa sakit pada pasien yang dibekam karena penyedotan tidak dapat dikontrol sesuai daya tahan pasien.

Saat ini pengobatan bekam mencatat kemajuan besar karena menggunakan mangkuk cupping set yang modern dari plastik.
Penggunaan kop plastik, pasien merasa lebih bersih. Pemompaan dengan hand pump juga dapat disesuaikan dengan daya tahan pasien.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jadwal Sholat Indonesia