Custom Search

Kamis, 25 Agustus 2011

Terapi Bekam Teknik Pengobatan Rosululloh


Bekam? udah pernah dengar belom? bagi yang udah pernah dengar istilah bekam, apalagi pernah melakukan bekam, istilah diatas pasti tidak asing. Kebetulan gw kemaren (dah lama juga sih) sewaktu ada acara di jatiwaringin, masuk angin gw, pusing sebelah lagi, nyetir mobil serasa berat banget, palagi bawa si kecil dan istri tercinta, duh jadi kawatir juga takut kenapa-kenapa. Sebelum pulang, kebetulan gw mampir dulu ke tempat sodara, Irvan namanya, gw ditawarin ama dia, mo dibekam ga?
Waduh… dibekam? boleh lah… gimana rasanya? -irvan bilang mah ntar seger loh abis bekam, palagi kalo dicocol cocol tuh kulitnya biar keluar darah kotornya. Waduh?? yakin tuh ga papa? tanya gw. Iya gak papa lah, alat ini udah semakin canggih men, ni.. ada alat baru, gak perlu diseset-seset tuh kulit. cukup dicocol-cocol kayak semacam bolpoin (ujungnya semacam jarum yang diganti setelah pakai biar steril). Sakit gak neh? tanya gw lagi, -irvan bilang.. ah nggak kok. pokoknya ntar abis dibekam, jangan mandi dulu ya.. tunggu 3-6 jam baru boleh mandi. Gw bilang.. OK Deh… dan akhirnya “pembekaman” dimulai. Terima kasih buat Bapak Mertuanya Irvan, Bpk Suparna yang telah membekam diriku.
Eh dan ternyata benar… baru di beberapa titik bagian belakangku dibekam, udah terasa tuh khasiatnya, Pusing sebelahku lama-kelamaan hilang, badan jadi seger. Dan abis dicocol-cocol atau istilahnya bekam basah, wadau.. keluar darah.. kayak cendol gitu.. maksudnya darah yang kental. Punggungku jadi bentol-bentol (berwarna merah gelap) segede cop yang dipakai untuk membekam diriku. Ah.. seger juga abis dibekam.. Dan sekarang.. kok jadi pengen dibekam lagi ya…. kapan-kapan deh ntar maen lagi ke tempat irvan. Tunggu diriku ya pan… gw pengen dibekam lagi hahaha.
Berikut informasi yang kudapat tentang sehat dengan bekam. Mo mencoba? saya anjurkan daripada dikerok, mending dibekam. Bekam itu pengobatan tradisional yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. dapat mengobati berbagai macam penyakit. Nih dia sekilas tentang bekam:
menurut http://id.wikipedia.org/wiki/Bekam:
Bekam atau hijamah adalah teknik pengobatan dengan jalan membuang darah kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh melalui permukaan kulit. Perkataan Al Hijamah berasal dari istilah bahasa arab : Hijama yang berarti pelepasan darah kotor. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan cupping, dan dalam bahasa melayu dikenal dengan istilah Bekam. Di Indonesia dikenal pula dengan istilah kop atau cantuk.
Bekam merupakan pengobatan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, sebagaimana dijelaskan dalam hadist Bukhari :
Dari Ibnu Abbas r.a. Rasulullah bersabda : “Kesembuhan (obat) itu ada pada tiga hal: dengan minum madu, pisau hijamah (bekam), dan dengan besi panas. Dan aku melarang ummatku dengan besi panas.” (Hadist Bukhari)
di artikelnya http://abusalma.wordpress.com/2007/03/01/panduan-singkat-tentang-bekam/ disebutkan ada beberapa teknik bekam diantaranya adalah:
1. Bekam Basah (Wet Cupping)
Yaitu metode pengeluaran darah kotor (blood letting) dengan cara disayat dengan silet, lanset, pisau bedah atau jarum steril pada bagian yang dibekam.
2. Bekam Kering (Dry Cupping)
Yaitu metode bekam yang tidak mengeluarkan darah dari tubuh.
Yaitu metode bekam dengan cara tarik lepas – tarik lepas secara cepat pada bagian kulit yang sukar dibekam, atau apabila dibekam gelas cenderung jatuh. Area ini biasanya di sekitar wajah dan dahi.
3. Bekam Seluncur (Sliding Cupping)
Yaitu metode bekam yang mana gelas bekam diseluncurkan di atas permukaan kulit yang rata (tidak tebal ototnya). Metode ini serupa dengan Guasha (cina), scrapping (inggris) atau kerokan (jawa), namun lebih aman karena tidak merusak pori-pori sebagaimana kerokan.
4. Bekam Cepat (Flash Cupping) atau Bekam Tarik
Yaitu metode bekam dengan cara tarik lepas – tarik lepas secara cepat pada bagian kulit yang sukar dibekam, atau apabila dibekam gelas cenderung jatuh. Area ini biasanya di sekitar wajah dan dahi.
manfaat bekam menurut http://hotarticle.org/bekam-pengobatan-cara-nabi/

Ada banyak manfaat bekam, antara lain:
- Melancarkan peredaran darah, meringankan badan.
- Mengobati masuk angin, darah tinggi, kolesterol, stroke, jantung, asam urat, sakit pinggang, liver, gatal-gatal, migrain, sakit kepala, sakit mata, impotensi, sinusitis, jerawat, ambeiyen, maag.
- Insomnia, stress, sering mimpi buruk, sering kesurupan, Trauma, rasa takut yang berlebihan, narkoba, kurang gairah.
- Mengeluarkan toksid, angin dan kolesterol berbahaya dalam tubuh.
- Memulihkan fungsi tubuh.
- Menajamkan penglihatan.
- Meningkatkan daya ingat dan kecerdasan.
- Memperbaiki sistem imunitas.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jadwal Sholat Indonesia